Karang Taruna

31 Januari 2017 19:25:03 WIB

Karang Taruna Asung Bhakti merupakan Karang Taruna yang berada di Desa Triwidadi. Sekelompok pemuda yang mempunyai 1 visi, berkolaborasi untuk mewujudkan Triwidadi Satu. Banyak potensi pemuda di Desa Triwidadi sehingga hal ini membuat optimis bahwa pemuda diikutsertakan dalam membangun desa. Merangkul beberapa pihak komunitas kepemudaan dan juga kedinasan Kabupaten Bantul, memanfaatkan Sumber Daya Manusia agar mampu mandiri dalam berkarya. Berbagai bidang dibangun oleh orang-orang yang berkompeten didalamnya. Adapun departemen yang terdapat dalam Karang Taruna Asung Bhakti yaitu Kepemudaan dan Keolahragaan, Pengabdian Masyarakat, Keagamaan, Pendidikan dan Pelatihan, Usaha Ekonomi Produktif, Kebudayaan, Hubungan Masyarakat, Lingkungan Hidup.

Adapun program-program rutin yang terlaksana yaitu

1. Triwidadi Expo

Triwidadi Expo kini sudah terlaksana sebanyak 3kali. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Asung Bhakti, dan didukung oleh Pemerintah Desa Triwidadi. Triwidadi Expo merupakan wadah kegiatan untuk memperkenalkan potensi budaya lokal Desa Triwidadi, selain itu, sebagai sarana promosi potensi Desa Triwidadi.

Hasil yang akan didapat dari kegiatan Triwidadi Expo yaitu :
a. Potensi lokal dapat bersaing dalam pasar global
b. Meningkatkan perekonomian masyarakat
c. Mengikutsertakan potensi masyarakat dalam berbagai perlombaan

Momen yang selalu dibangun adalah melalui Triwidadi Expo, semua warga dari segala umur bisa bangkit dan turut berkontribusi dalam membangun desa.

Berikut dokumentasi kegiatan Triwidadi Expo #2 2016
https://youtu.be/kuZiuW5Pqeg 

Berikut dokumentasi kegiatan Triwidadi Expo #3 tahun 2017 
https://youtu.be/D9KrSn9bPTg 

 

2. KTAB Berbagi

KTAB Berbagi merupakan kegiatan rutin pada Bulan Ramadhan. Menyalurkan donasi dari masyarakat Desa Triwidadi untuk warga lanjut usia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin berbagi dengan tetangga, berbagi kebahagiaan dengan orang lain akan lebih indah. Bersama saling tolong menolong, berbagi tanpa pamrih dan tak memandang siapakah mereka. Tanpa nama bahkan ia serahkan titipan dari Sang Maha Kaya, semoga diterima segala amalan di sisi Allah. Terimakasih kami ucapakan kepada seluruh donatur :)

Cek dokumentasi kegiatan KTAB Berbagi :)
https://youtu.be/KFWVAFlTQA0 

 

3. TryOut SD Se-Kecamatan Pajangan

Kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional. Tahun 2018 terlaksana berkolaborasi dengan Karang Taruna Sejati (Desa Sendangsari). Tak melulu hanya mengerjakan soal latihan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah motivasi siswa. kenapa? karena sangat penting membangun niat daripada permasalahan teknis pengerjaan menjawab soal. Ketika sebuah niat lurus dan tulus, siswa berusaha semaksimal mungkin dan akan tetap bersyukur dengan hasil yang diperoleh. Nilai kejujuran yang tak bisa ditukar dengan nilai raport ataupun sebuah materi.

Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, membuat kami yakin, inilah generasi penerus bangsa, khususnya pemuda-pemuda yang akan membangun daerah kelahiran kami. Penuh semangat, optimis, dan tawakal.

 

4. Outbound

Sebuah organisasi tak lengkap ketika tidak ada kegiatan keakraban, karena membangun sebuah keluarga itu lama prosesnya. Outbound dilaksanakan dengan tujuan menyatukan keluarga Besar Karang Taruna Asung Bhakti. Membangkitkan semangat dalam membangun Desa, mempersiapkan diri untuk yang lebih menantang dan nyata. Keseruan outbound memang terasa nyata sejenak, tak lantas kami lupakan amanah yang sudah melekat pada pundak kami.

Cek link berikut untuk tengok keseruan kami :) 
https://youtu.be/k4Y8Oji4i70 

 

5. Triwidadi Cup

https://youtu.be/kM8IW49Re3g 

 

6. Bakti Sosial

https://youtu.be/cszR_qvxCqU 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License