Perpustakaan Sanggar Ilmu

05 Februari 2018 00:38:33 WIB

Perpustakaan Sanggar Ilmu merupakan perpustakaan milik Desa Triwidadi. Perpustakaan ini bebas diakses oleh warga Desa Triwidadi untuk menunjang potensi Sumber Daya Manusia. Jika warga Triwidadi dapat dibina, maka diharapkan dapat mendukung pembangunan disegala bidang berdasarkan apa yang sudah direncanakan Pemerintah desa bersama masyarakat. 

Adanya perpustakaan Desa ini diharapkan dapat menunjang kegiatan wajib belajar (pendidikan) dan sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Oleh karena kebutuhan masyarakat untuk berkembang, maka perpustakaan desa ada untuk mendukung keberhasilan kegiatan masyarakat desa berbagai bidang. Selain itu, masyarakat mendapatkan semangat dan hiburan yang lebih berarti dalam memanfaatkan waktu  senggang dengan hal-hal yang bersifat membangun. 

Perpustakaan Sanggar Ilmu kini dikelola oleh Karang Taruna Asung Bhakti yang saat ini berada di sekretariat Karang Taruna. Terdapat sekitar 500 buku koleksi dan dilakukan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku sewaktu-waktu. Fasilitas untuk pembaca sangat luas, karena adanya pendopo Balai Desa yang bebas digunakan untuk kegiatan membaca ataupun diskusi.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License