Kejadian Talud Roboh Akibat Curah Hujan Tinggi

Muhlis Huda Subekti 07 Juni 2022 15:03:44 WIB

Triwidadi Info (07/06). Talud setinggi 3 meter dengan panjang kurang lebih 20 meteran roboh akibat curah hujan tinggi yang melanda Triwidadi, lokasi talud di padukuhan Kayuhan Wetan tepatnya di tanah pekarang Bpk. Ariyanto. Tanah ini berbatasan langsung dengan sungai kecil yang kemungkinan kapasitas air yang meluap menyebabkan sebagian tanggul jebol karena hujan yang turun sehari semalam. Kejadian ini juga sudah dilaporkan kepada BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bantul dan langsung diasesmen oleh petugas BPBD Kab. Bantul.

Ditemani oleh anggota FPRB (Forum Penanggulangan Resiko Bencana) Kalurahan Triwidadi, petugas BPBD mengidentifikasi terjadinya talud roboh tersebut. Salah satu penyebabnya adalah curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi tidak sesuai dengan kapasitas sungai yang terjadi penyempitan sehingga air luapan mendorong bangunan talud tersebut sehingga tergogos dan menyebabkan talud roboh. Langkah yang akan dilakukan adalah normalisasi sungai tersebut sesuai dengan aslinya dengan melihat sertifikat tanah disekitar kanan-kiri. 

Waspada akan curah hujan tinggi disaat ini menjadi penting untuk keselamatan kita semua.

Komentar atas Kejadian Talud Roboh Akibat Curah Hujan Tinggi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License