Peningkatan Kapasitas Pengelola Pasar Desa

Muhlis Huda Subekti 03 Agustus 2022 09:24:14 WIB

Triwidadi Info (03/08). Bertwmpat di Gedung Pertemuan Kompleks Perkantoran Pemda II Manding dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas pengelola pasar desa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen pengurus dan pengelola pasar tradisional desa dimasing-masing kalurahan. Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas PMK berharap Pasar Desa yang ada di Bantul tetap eksis diera modern ini, dan dapat menjawab tantangan jaman bahwa image Pasar Tradisional yang kumuh dan jadul terbantahkan dengan adanya manajemen pengelola pasar tradisional yang merubah suasana pasar tradisional yang bersih, nyaman dan pelayanannya modern.

Dari 34 pasar tradisional/desa yang ada di kabupaten Bantul ada 3 kriteria menurut pengamat dari Universitas Jana Badra Yogyakarta, diantaranya 17 pasar bermasalah, 7 pasar baik, 10 pasar bagus. Pasar Sudimoro Triwidadi termasuk salah satu pasar dengan kriteri bagus secara manajemen pengurus pasarnya. Karena Pasar Sudimoro memiliki berbagai fasilitas seperti, Kios, Los, Kamar mandi, Mushola dan tempat pembuangan sampah sementara. Tetapi ada kendala yang harus diperhatikan terkait dengan keseterdian lahan pasar yang dirasa kurang serta lahan parkir belum tersentra. Mungkin kedepan dapat difasilitasi Pemerintah Kalurahan Triwidadi untuk mengembangkan pasar sudimoro sebagai salah satu roda perputaran ekonomi masyarakat Triwidadi dan sekitarnya.

 

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Pengelola Pasar Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License