Pagelaran Wayang Kulit Hari Jadi Kalurahan Triwidadi ke-76

Muhlis Huda Subekti 25 Oktober 2022 08:02:58 WIB

Triwidadi Info (25/10). Bertempat di Halaman Kalurahan Triwidadi dilaksanakan kegiatan pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Hadi Sutoyo dengan lakon Semar Mbangun Padepokan. Pertunjukan Wayang Kulit ini adalah salah satu rangkain hari jadi Kalurahan Triwidadi yan ke 76 dengan tema "Sengkuyungan Mukti Bareng". Para pengrawit berasal dari sanggar Antrigeni (Anak Triwidadi Gemar Seni) kelompok karawitan asli dari Triwidadi yang diketuai oleh Bpk. Sukimin yang beralamatkan di Trucuk Triwidadi Pajangan Bantul. Bintang tamu pada kesempatan malam hari ini adalah Sihono dan Jeng Rini dari Yogyakarta.

Selain kegiatan pertunjukan wayang kulit juga dilaksanakan Panembromo Pamong Kalurahan Triwidadi serta penyerahan NIK (Nomaor Induk Kebudayaan) bagi kelompok seni yang sudah terdaftar dan teregister oleh Dinas Kebudayaan kabupaten Bantul. Dengan adanya pengurusan NIK kelompok seni ini salah satu wadah untuk pendataan dan juga pelestarian Aset budaya lokal Triwidadi. Kurang lebih sebanyak 48 kelompok seni yang sudah memiliki NIK dari Dinas Kabudayaan Kabupaten Bantul di Kalurahan Triwidadi.

Pagelaran wayang kulit ini mampu menyedot banyak penonton dikarenakan Triwidadi terakhir melaksanakan pagelaran wayang kulit ditahun 2019. 

Komentar atas Pagelaran Wayang Kulit Hari Jadi Kalurahan Triwidadi ke-76

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License