Merti Dusun Polaman

Muhlis Huda Subekti 21 November 2022 11:02:15 WIB

Triwidadi info (21/11). Dalam rangkaian kegiatan merti dusun polaman dengan tema "Nglestari Bumi" dilaksanakan kegiatan nguras sumur gede yang beradi di bulak polaman. Sumur ini dulunya sebagai sumber utama kebutuhan air bersih bagi warga padukuhan Polaman Triwidadi. Sumur ini terdiri dari 2 bilik yaitu sumur kakung (sumur yang digunakan untuk kebutuhan mandi oleh laki-laki) dan sumur putri (sumur yang digunakan untuk kebutuhan mandi oleh perempuan) selain itu dulunya masih ada sumur pompa/ledeng. Sumur ini berupa kolam dangkal yang airnya berasal dari mata air yang terus mengalir, sehingga musim kemarau tetap tersedia airnya. Hal ini yang dulu dimanfaatkan warga padukuhan Polaman untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-harinya. 

Dengan perkembangan jaman sumur ini sudah jarang digunakan kecuali para petani disekitar sumur yang menggunakan untuk menyiram tanaman maupun cuci kaki setelah bekerja di sawah/ladang. Apalagi dengan adanya jaringan PAM yang sudah menjamur sumur ini bagaikan hilang tak ada yang merawat, padahal sumur gede ini menjadi saksi sejarah perjalanan hidup masyarakat padukuhan Polaman yg sudah berusia hampir setengah Abad.

Kegiatan merti dusun ini salah satu melestarikan adat dan tradisi yang ada dimasyarakat, menguras ini bertujuan untuk sirkulasi dan menjaga kualitas serta kuantitas air yang tersimpan di sumur tersebut. Prosesi kuras sumur gede ini diwali dengan acara tahlil diiringi dengan acara umbul dongo (doa harapan) agar seluruh masyarakat padukuhan Polaman terhindar dari marabahaya, balak bencana, mendapatkan kesejahteraan dan ketentraman. Setelah itudilanjutkan dengan kuras sendang dengan simbolis pengambilan air ditempatkan ke 5 pengaron yang telah disiapkan yang mencerminkan rukun iman yang 5. Acara dilanjut dengan kebul bujono (makan bersama) nasi takir dan pembagian sarang genduri. Rangkaian kuras sumur gede polaman sudah selesai semoga Nglestari bumi dapat menjaga kesuburan bumi untuk selalu melayani manusia dengan segala kebutuhan hidupnya.

Salam Budaya, Lestari Budayaku...

Komentar atas Merti Dusun Polaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License