Simulasi Penanganan Korban Laka Air

Muhlis Huda Subekti 25 Mei 2023 12:08:54 WIB

Triwidadi Info (25/05). Bertempat di Dam Kersan dilaksanakan simulasi laka air oleh FPRB Forum Pengurangan Resiko Bencana kalurahan Triwidadi. kegiatan ini adalah salah satu tindak lanjut dalam peningkatan kapasitas FPRB Triwidadi. Simulasi ini sangat diperlukan mengingat Triwidadi memiliki daerah yang berbatasan langsung dengan sungai Progo disisi barat. Sungai progo yang memiliki arus deras dan memiliki kedalaman air 10 meteran ini memiliki potensi terjadinya laka air dikarenakan adanya aktifitas pertambangan dan kegiatan memancing.

Simulasi yang diikuti segenap relawan dan anggota FPRB Triwidadi ini dibersamai oleh Kang Aldi dari BPBD Kabupaten Bantul. Simulasi penanganan korban tenggelam terseret arus sungai dengan alat pengaman berupa pelampung dan ban bekas dipasang tali pengikat. Diusahan relawan yang melakukan pertolongan harus memiliki keahlian berenang dan memakai pelampung sebagai alat keselamatan. Setelah korban dapat dibawa kedaratan lakukan pengecekan nafas dan detak jantung, jika tidak sadarkan diri lakukan pompa dada dalam kondisi korban terlentang untuk membantu memperlancar pernafasan.

Dalam keadaan darurat penanganan kebencanaan ini harus dilakukan secara Tim dengan tugas masing-masing. Adanya simulasi ini juga melatih dalam kordinasi penanganan  bencana sehingga efektifitas penyelamatan dan keselamatan korban maupun petugas dapat terjaga.

Salam Tangguh FPRB Triwidadi

Komentar atas Simulasi Penanganan Korban Laka Air

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License