Tradisi Kuras Sendang Angin-angin Padukuhan Guwo

Muhlis Huda Subekti 10 Oktober 2023 10:46:11 WIB

Triwidadi Info(10/10). Bertempat di Komplek Sendang Angin-angin padukuhan Guwo, Triwidadi, Pajangan, Bantul dilaksanakan Upacara Adat Kuras Sendang. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggaran oleh masyarakat padukuhan Guwo untuk mensyukuri rejeki dari Tuhan. Sendang angin-angin merupakan sendang yang ada diatas bukit patuk Guwo, Triwidadi, Pajangan, Bantul. Kegiatan ini dihadiri oleh FORKOMPINKAP, Panewu Pajangan, Kapolsek Pajangan, Danramil Pajangan, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan Bantul, Lurah Triwidadi, Pamong Kalurahan Triwidadi, Pendamping Desa Budaya, Ketua Desa Budaya Triwidadi Pelaku seni dan warga padukuhan Guwo.

Selain kegiatan kuras sendang dalam kegiatan ini juga dilaksanakan umbul do'a dan sholawatan serta adanya penmapilan tarian klenting dari sanggar Sawitri. Dalam kegiatan umbul do'a dilaksanakan kenduri Ageng sebagai wujud syukur atas berkah dan rahmad dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Setelah doa seluruh masyarakat yang hadir dalam prosesi kuras sendang ini dibagikan nasi takir/wuduk yang telah diberi doa dan menambah rasa persaudaraan semakin erat dengan berebutnya air sendang sebagai simbol kemakmuran.

Dengan diiringi sholawat Nabi kegiatan kuras sendang dimulai, hingga air sendang habis. Filosofi yang tersirat adalah membersihkan apa yang ada dalam prasaka dalam hati, selain itu membersihkan atau menguras demi untuk siklus yang baru sehingga kita akan selalu fresh/berbaiksangka.

Salam BUDAYA... Lestari Budayaku

Komentar atas Tradisi Kuras Sendang Angin-angin Padukuhan Guwo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License